Monday, January 20, 2014

Seni Kebebasan yang Menjadi Rutinitas



Banyak orang mengaku dan menganggap dirinya memiliki seni dan sudah mumpuni menjadi orang yang memiliki seni, padahal mereka pada dasarnya tidak pernah memahami konsep dari seni itu tersendiri. Relatif orang-orang menganggap seni itu merupakan hal yang indah-indah saja dari suatu konsep lama yang telah kuno dan primitif, lalu dipoles dengan warna sedikit baru dari hasil mencontek tetangga sebelah rumah.


Sebenarnya seni tidak selalu menampilkan hal yang indah, tapi seni selalu menampilkan konsep kebebasan dan keterbukaan dari segala latar belakang suatu konsep awal. Tidak asing lagi jika didalam diri seseorang memiliki potensi pengembangan seni, dia akan mendapatkan olok-olokan bahwa hal tersebut tidak layak di lakukan dan bukan hal yang lazim untuk dilakukan oleh kebanyakan orang pada umumnya.


Dalam kenyataanya seni itu membentuk pola pemikiran baru yang menembus dimensi pemikiran orang lain, sehingga menjadi popular dalam kurun masa tampa batas. Jadi jika anda ingin menjadi seseorang yang memiliki seni, anda harus keluar dari rutinitas yang primitif. Dengan keluar dari pola rutinitas yang primitif, anda baru bisa menemukan kreatifitas, sehingga anda bisa melakukan pengembangan dengan kreatifitas untuk dijadikan pola rutinitas tersendiri.  


 Pada dasarnya tidak ada orang yang mampu untuk menyaingi atau menandingi diri anda pribadi, hal tersebut hanya dapat anda lakukan sendiri. Jadi tetaplah semangat dan ciptakan pola pemikiran anda sendiri, anda adalah juaranya dan orang lain hanya penonton, anggap saja orang lain itu hanya penggemis yang meminta sesuatu dari anda, sedangkan anda adalah orang yang memiliki kemampuan tersebut.


Untuk mempermudah penyebutan anggap saja orang yang memiliki pemikiran moton sebagai orang primitif, dan orang yang memiliki pola pemikiran baru sebagai orang keren yang moderen. Ada ungkapan halus dari saya untuk orang berpikiran primitif, Jika hidup tanpa seni lebih abaik anda kembali kehutan bersama tarzan dan kawan-kawan.


Saya akan contohkan perbedaan orang primitif dengan orang keren moderen, konsep primitif mengatakan jika suatu volume ditambahkan dengan volume lainya maka akan memperoleh jumlah dari dua volume tersebut seperti (1 + 1 = 2). Tapi tidak bagi orang yang moderen mereka akan mendapatkan jumlah yang lain seperti (1 + 1 = 4) , kenapa hasilnya tidak sama, karena mereka memiliki konsep tersendiri dan berbeda dengan orang primitif sebelumnya.


 Saya mengutif sedikit dari pola memikiran salah seorang seniman yang penah saya temui, ia pernah mengatakan (1 + 1 = 4) karena jumlah tersebut sangat akurat dan tidak bisa di ganggu gugat, bahkan sudah menjadi pola penggabungan jumlah dalam kapasitas nasional, dan selalu dikampenyakan oleh negara kita dengan selogan dua anak lebih baik.


Bahkan dosen seni rupa saya juga pernah mengatakan hal yang berbeda (1 + 1 = 10.000), bahkan saya sempat heran kenapa bisa begitu, dia mengatakan jika dia melakukan penawaran atas lukisan yang dia gambar dengan pola (1 + 1 + 2) besok dia akan berhenti menjadi seniman dalam biddang melukis dan mengganti propesinya menjadi penjual kacang goreng. Dia juga menjelaskan untuk membuat sebuah lukisan dengan campuran cat dan campas, dia memerlukan biaya sebesar Rp 200 ribu, jika lukisan di jual dengan harga Rp 200 ribu maka dia akan berhenti melukis. 


Jadi sudah jelas nilai seni bila diukur dengan nominal maka tidak bisa disamakan, nilai seni dengan kacang goreng itu jauh bro. Seniman mempunyai konsep mereka masing masing yang mereka jadikan rutinitas, hal tersebut yang menjadikan mereka istimewa dan berbeda dimata orang orang primitif.


Orang-orang seni biasanya mereka selalu memiiki pemikiran yang bersebrangan dengan orang-orang primitif, karena mereka tidak mau tidur sambil nilang, atau takut terhadap tetangga karena rumah mereka pakai pagar. Mereka tidak akan takut dengan segala apapun konsep orang primitif yang mencemooh mereka, karena mereka hidup dan besar sendiri tanpa bantuan sekecil apapun dari orang-orang yang mencela mereka.

Tapi yang jelas ada perbedaan yang sangat mencolok dari orang-orang seni dengan orang primitif.
Orang Seni                                                                          orang primitif
1.       Rajin berdoa/banyak harapan                    1. Malas berdoa/ tidak punya harapan
2.       Selalu bersukur                                         2. Biasa-biasa aja
3.       Iman kuat                                                 3. Lemah Syahwat
4.       Penuh Sepirit                                            4. Ikuti aja Peraturan
5.       Kreatif                                                      5. Tugas Kemaren lom selesai
6.       Percaya Diri                                              6. Sama seperti orang Umum
7.       Penuh imajinasi                                          7. Males mikir belom gajian
8.       Penuh Motivasi                                          8. Diri Sendiri gak ke urus
9.       Selalu semile                                              9. Cemberut Abis dimarah boss
10.   Bebas seperti burung camar                    10. Terpenjara kayak gorila


Perbedaan sikap

Orang Seni                                                                          Orang Primitif

1.       Rajin Sedekah                                            1. Gaji gak cukup buat makan 1 bulan
2.       Mandi pagi, pake minyak wangi,                 2. Mandi Pagi, gak sarapan, telat ngantor
 terus minum segelas kopi
3.       Rajin Silaturahmi                                         3. Bang toyib 3x lebaran gak pulang-pulang
4.       Banyak Teman                                            4. Teman Palsu, lagi gajian ngumpul, lagi bokek ilang  
5.       Jam 3 sore ikut pengajian Mama Dedeh      5. Jam 5 sore belum pulang kerja
6.       Updete, Internet, Sosial Media                    6. Anti Teknologi, calculator sayur, Arisan
7.       Banyak pacar, selalu diterima                      7. Gak Laku, selalu ditolak
8.       Setiap hari Liburan                                      8. Sabtu Minggu Tidur Capek kerja
9.       Ramah dan welcome                                   9. Tengik, Selalu curiga jangan-jangan maling
10.   Banyak Keluarga                                       10. Gak diaku keluarga



Menurut Orang Primitif Seni berasal dari kata sani (Sanskerta) yang berarti pemujaan, persembahan, dan pelayanan. Kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda genie dalam bahasa Latin disebut genius, artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.

Seiring dengan perkembangan waktu, banyak definisi seni diungkapkan oleh beberapa ahli. Berikut diuraikan beberapa definisi seni menurut para ahli.

1.       Everyman Encyklopedia
Menurut Everyman Encyklopedia, seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang, bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kemewahan, kenikmatan, ataupun kebutuhan spiritual.
2.        Ensiklopedi Indonesia Di dalam Ensiklopedia Indonesia dinyatakan bahwa seni merupakan
ciptaan segala hal karena keindahannya orang senang melihat atau
mendengarkannya.
3.       Ki Hajar Dewantara berpendapat, seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan, dan bersifat indah sehingga dapat menggetarkan jiwa perasaan manusia.

4.       Akhdiat Karta Miharja berpendapat, seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan kenyataan dalam suatukarya, bentuk, dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani.

5.       Hal senada diungkapkan oleh Prof. Drs. Suwaji Bastomi bahwa seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk agung, mempunyai daya untuk
membangkitkan rasa takjub dan haru.

6.       Drs. Sudarmaji berpendapat, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap
terang. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa seni merupakan hasil
aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Dalam pengertian ini yang termasuk seni adalah kegiatan yang menghasilkan karya indah. Definisi umum seni adalah segala macam keindahan yang diciptakan oleh manusia.

No comments:

Post a Comment