Sunday, November 29, 2015

“Budaya Timur” Budaya yang Tak kenal Logika





“Budaya Timur” mungkin itu kata-kata khas yang sering kita dengar dari berbagai kalangan elit politik di Negara kita.
Tapi tahukah anda mengenai pemertian budaya timur itu sendiri. Menurut saya secara pribadi kata ini menunjukan orang yang berada di timur, yang jauh dari polesan pembangunan, mudah ditipu, melarat, miskin dan makan satu hari puasa tujuh mulud.
« Budaya Timur « merupakan kebudayaan Paganisme yang menganut sistem kepercayaan. Dalam artian, “ Percaya begitu saja tanpa logika, red”. Orang-orang  timur mengedepankan system kepercayaan tapi tidak mengedepankan logika. Mereka beranggapan sesuai asumsi yang dibenarkan oleh khalayak ramai. Nah itulah yang mereka sebut dengan “kenyataan dan menjadi hukum yang berlaku disini”.
Pemahaman logika tidak akan pernah masuk pada budaya timur. Mengapa begitu ? karena system kepercayaan mereka sangat kuat, tidak perlu mencerna begitu panjang bahkan untuk apa memikirkan siapa yang harus dipercayai.
Orang timur dalam perkebanganya begitu polos, ramah senyum dan mudah di jajah. Pendekatan kata orang timur lebih menbdekati kata budak, abid dalam bahasa arab, kuli bahasa pasar, serta rakyat jelata yang tengah sekarat dalam basaha sekarang.
Karena menganut system Paganisme, orang timur tidak perlu mencerna semua teori maupun asumsi lain yang dilontarkan pihak lain. Ya jelas saja toh, mereka tidak percaya logika. Karena polos dan mudah dijajah, orang timur sangat mudah mempercayakan apa saja.
Contoh, gunung yang dihormati, pohon besar yang diberi makanan dan dupa,makam keramat, kiyai cabul, sesepuh, makam sesepuh kampung yang cabul, makam pelacur kerajaan,makam raja yang suka main serong, dan kepercayaan lainnya yang dipuja-puja.
Ada beberapa ciri yang sangat menonjol dari orang timur yang menganut sistem paganisme.
1.       Mudah ditipu dijajah dan diperkosa
2.       Tidak mau diberi logika dan kenyataan
3.       Mudah mempercayai semua hal
4.       Memuja benda berukuran besar
5.       Menganggap kepercayaan mereka arif dan bijaksana
Apakah anda orang timur ?  apakah anda menganut Paganisme? Silakan tanyakan pada diri saya sendiri.
       

No comments:

Post a Comment